Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 2 No. 1 (2022): Linggau Journal Science Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBER JAYA

Septiana (Unknown)
Samitra, Dian (Unknown)
Armi Yuneti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture secara signifikan tuntas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen desain penelitian pre-ekperimental dengan rancangan penelitian one-group-pretest-posttest.Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya yang berjumlah 22 siswa atau sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay berjumlah 8 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji z. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test diperoleh 23.27 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 80.27 dengan presentase ketuntasan 86% atau 19 siswa yang tuntas. Diperoleh nilai (5.19) > (1.64), maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Sumber Jaya signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...