Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 1 No. 2 (2021): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 RUPIT: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Jannah, Miftahul (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)
Firduansyah, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas IV SD Negeri 4 Rupit Tahun Ajaran 2021 berjumlah 25 siswa dan sample yang diambil berjumlah 25 siswa. Untuk pengambilan sample menggunakan teknik tes. Data yang dikumpulkan setelah dianalisis dengan menggunakan uji-z pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh = 4,64 > 1,64, sehingga bisa disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 4 Rupit setealah diterapkannya Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,92.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...