Tujuan penelitian ini berfokus pada Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Babat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Babat setelah menerapkan model pembelajaran Example Non Example. penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, desain penelitiannya One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk esai dengan jumlah 8 soal. Populasi dan sampel penelitian yang berjumlah 13 siswa kelas V. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: menghitung rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh Zhitung = 3,48 setelah dikonsultasikan dengan Ztabel didapatkan Zhitung (3,48> Ztabel (1,782) untuk taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 12, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa penerapan model Example Non Example pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Babat secara signifikan tuntas.
Copyrights © 2021