Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With a Question terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pelita Jaya

Prahasti, Nopelia (Unknown)
Hanjani, Tri Juli (Unknown)
Aswarliansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pelita Jaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Pelita Jaya setelah menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk essay dengan jumlah 8 butir soal. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 21 siswa kelas IV. Teknik analisis data dengan langkah-langkah; menghitung rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh ( dan (dk=21-1=20) maka = 2,67 dan = 1,64. Hal ini menunjukkan bahwa hasil > , hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang diajukan ini dapat diterima kebenarannya, bahwa hasil belajar siswa kelas IV tema 3 SDN Pelita Jaya diterapkan model pembelajaran Learning Start With A Question secara signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...