Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

Penerapan Model Pembelajaran Take and Give (TG) pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Purwara V Kecamatan Nibung

Winda (Unknown)
Ariani, Tri (Unknown)
Sukenda Egok, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwara V Kecamatan Nibung setelah menerapkan model pembelajaran Take and Give (TG). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, desain penelitiannya Pretest-Postest One Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Purwara V Kecamatan Nibung sebanyak 19 orang, teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dimana teknik penentuan sampel adalah semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 17 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-Z dengan taraf kepercayaan = 0,05 diperoleh bahwa Zhitung > Ztabel (3,96 > 1,64), sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwara V Kecamatan Nibung setelah diterapkan model pembelajaran Take and Give (TG) signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...