Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOHARJO

Oktapriyani, Lilik (Unknown)
Satinem (Unknown)
Firduansyah, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model talking stick. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo yang berjumlah 25 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan yang diambil secara (sample jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan uji z . Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test sebesar 50,67 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 77,67 dengan taraf kepercayaan didapat Zhitung = 3,08 dan Ztabel = 1,64 karena Zhitung > Ztabel maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model Talking Stick secara signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...