Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model talking stick. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo yang berjumlah 25 siswa dan sampel penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan yang diambil secara (sample jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan uji z . Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test sebesar 50,67 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 77,67 dengan taraf kepercayaan didapat Zhitung = 3,08 dan Ztabel = 1,64 karena Zhitung > Ztabel maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model Talking Stick secara signifikan tuntas.
Copyrights © 2022