Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 20 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal essay. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-Z . Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test sebesar 52,79 dan nilai rata-rata Post-test sebesar 77,40 dengan taraf signifikan 5% didapat Zhitung = 3,89 dan Ztabel = 1,64 karena Zhitung> Ztabel maka, Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Sidoharjo setelah diterapkan model Problem Based Learning secara signifikan tuntas.
Copyrights © 2022