Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau setelah diterapkan model kooperatif tipe pair check. Penelitian ini menggunakan eksprimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa yang diambil sebagai sampel adalah kelas V yang berjumlah 32 diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian sebanyak 10 soal. Data terkumpul dianalisis menggunakan uji -Z. Berdasarkan hasil analisis uji -Z data tes akhir pada taraf signifikan α=0,05 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 67 Lubuklinggau setelah penerapan model kooperatif tipe pair check secara signifikan tuntas. Rata-rata nilai tes akhir sebesar 86,63 dengan presentase jumlah siswa yang tuntas 100% dan uji hipotesisnya diperoleh(8,89) ≥ .
Copyrights © 2022