Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SRIKATON

Anggraini, Melinda (Unknown)
Firduansyah, Dedy (Unknown)
Frima, Aren (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Srikaton dalam penerapan Model Scramble. Metode yang digunakan yakni metode Eksperimen semu dengan desai One Group Pretest-Postest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Srikaton yang berjumlah 27 orang atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berjumlah 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z taraf signifikan α = 0,05 dimana > 1,64 Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data post-tes rata-rata hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya model scramble sebesar 90,46 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Srikaton setelah penerpan Model Scramble signifikan tuntas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...