Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 3 Srikaton dalam penerapan Model Scramble. Metode yang digunakan yakni metode Eksperimen semu dengan desai One Group Pretest-Postest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Srikaton yang berjumlah 27 orang atau sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang berjumlah 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z taraf signifikan α = 0,05 dimana > 1,64 Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data post-tes rata-rata hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya model scramble sebesar 90,46 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Srikaton setelah penerpan Model Scramble signifikan tuntas
Copyrights © 2022