Bercerita menggunakan boneka tangan ialah metode penyajian narasi dengan memakai perlengkapan peraga berbentuk boneka yang dimasukkan serta digerakan oleh tangan. Boneka dipilih karena cocok dengan karakter anak umur 4 – 5 tahun yang dapat melangsungkan respetentatif dunia pada tingkatan yang kongkrit. Berdasarkan hal tersebut maka masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan boneka tangan berbasis kearifan lokal sebagai media pendidikan antikorupsi pada anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengembangkan boneka tangan berbasis kearifan lokal sebagai media pendidikan antikorupsi pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau R&D. Hasil penelitian menunjukkan penilaian validator ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88% sehingga penilaian yang dicapai validator ahli materi mendapatkan kategori “Sangat Valid (dapat digunakan tanpa revisi)” sedangkan penilaian validator ahli media mendapatkan persentase kelayakan sebesar 91% sehingga penilaian yang dicapai validator ahli media mendapatkan kategori “Sangat Valid (dapat digunakan tanpa revisi)” kemudian hasil validasi penilaian guru mendapatkan persentase kelayakan sebesar 94% sehingga penilaian yang dicapai oleh guru mendapatkan kategori “Sangat Valid (dapat digunakan tanpa revisi)”. Dari ketiga penilaian validator mendapat nilai rata-rata 91%, maka disimpulkan boneka tangan berbasis kearifan lokal ini mendapat kategori “Sangat Layak.”
Copyrights © 2022