Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika
Vol 9 No 1 (2021)

Sistem Informasi Keluar Masuk Barang Penjualan untuk UMKM Penjual Sepatu

Widhyaestoeti, Dahlia (Unknown)
Maulana, Diki (Unknown)
Primasari, Dewi (Unknown)
Kamilah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Meningkatnya pemasaran produk sepatu lokal yang dikelola oleh Rabiz Collection dan dipasarkan melalui online marketplace serta sosial media, menimbulkan masalah pencatatan dan pencarian data barang masuk keluar serta stok item barang yang ada. Sistem informasi dibutuhkan untuk organisasi dalam mengubah cara manual menjadi lebih terorganisir dan terkomputerisasi, sehingga user dapat memperoleh informasi secara cepat. Metode Waterfall digunakan sebagai model pengembangan sistem, karena jelas tahap setiap prosesnya. Sistem informasi keluar masuk barang penjualan dibuat untuk bagian Finance, Purchasing dan Marketing agar dapat melakukan pekerjaannya secara efektif dalam pencatatan data serta mencari informasi terkait keluar masuknya barang. Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman berbasis web dan MySQL sebagai DBMS untuk menampung data pencatatan. Pengujian Blackbox digunakan untuk pengujian sistem yang dilakukan langsung oleh bagian Finance, Purchasing dan Marketing. Setiap user menilai keberhasilan setiap skenario uji yang berisi pengujian fungsi dari sistem informasi keluar masuk barang penjualan. Hasil pengujian menunjukkan setiap fungsi dari sistem informasi keluar masuk barang penjualan berhasil dijalankan dan tidak ditemukan masalah yang dapat menghambat pencatatan maupun pencarian informasi keluar masuk barang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

krea-tif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science

Description

Jurnal Krea-TIF adalah jurnal ilmiah dalam teknologi informasi yang berisi literatur ilmiah mengenai penelitian murni dan terapan dalam teknologi informasi dan tinjauan publik mengenai pengembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan subjek. ...