Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7 No 4 (2022): Volume 7 Nomor 4, November 2022

Pembelajaran Inovatif Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Meningkatkan Kualitas Sikap, Minat, dan Hasil Belajar Siswa

Hadi, Saptono (Unknown)
Sholihah, Qomariyatus (Unknown)
Warsiman, Warsiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Pendidikan inovatif berkarakter sebagai pondasi kehidupan diperlukan pengembangan terhadap ilmu pengetahuan dengan isu-isu global. Tujuan kajian dengan model literartue review berupaya menjabarkan efektivitas pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pembelajaran inovatif dengan metode Cooperative Learning and Project-Based Learning. Kolaborasi inovasi pembelajaran ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat didik dan dunia kerja dalam pembangunan yang berkelanjutan. Model pembelajaran kooperatif (Coopertive Learning) merupakan suatu inovasi model pengembangan yang terpadukan serta mengimplementasikan model-model pembelajaran sesuai kurikulum 2013, KKNI, dan KPT. Pembelajaran yang mendorong pembelajar aktif-kreatif, bersadar diri, tanpa harus bergantung kepada pendidik, memperkuat rasa percaya diri, berpola pikir mandiri, serta mampu mendapatkan informasi-informasi pengetahuan multisumber.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...