Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2012)

TAKSONOMI PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS TRIKAYA

Subagia, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan taksonomi  dan penilaian hasil belajarberbasis kompetensi. Perumusan taksonomi tersebut dilakukan melalui penelitianpengembangan dengan lima tahapan pokok, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan,perumusan gagasan model taksonomi, pengujian model oleh ahli, dan penyempurnaanmodel taksonomi. Hasil penelitian ini berupa rumusan taksonomi penilaian hasil belajarberbasis kompetensi yang selanjutnya diberi nama Taksonomi Trikaya. Taksonomi Trikayaterdiri atas tiga domein, yaitu domein pikiran (manacika), perkataan (wacika), dan perbuatan(kayika). Domein pikiran teridiri atas: 1) berpikir faktual, 2) berpikir positif, 3) berpikir rasional logis, 4) berpikir kritis, dan 5) berpikir kreatif inovatif. Domein perkataan tediri atas: 1)berbicara santun, 2) berbicara faktual, 3) berbicara rasional logis, 4) berbicara sistematis,dan 5) berbicara komunikatif. Domein perbuatan terdiri atas: 1) berbuat sopan, 2) berbuatpatuh, 3) berbuat jujur, 4) berbuat yakin, dan 5) berbuat kreatif inovatif.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new ...