Damhil Education Journal
Vol 1, No 2 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

SEPRIANSYAH PAPUTUNGAN (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo)
TEDY MACHMUD (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo)
ALI KAKU (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran langsung ditinjau dari Motivasi belajar  siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2 dilaksanakan di kelas X SMA  Negeri 2 KOTAMOBAGU semester genap tahun ajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih rendah daripada model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...