Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran langsung ditinjau dari Motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2 dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 KOTAMOBAGU semester genap tahun ajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih rendah daripada model pembelajaran langsung.
Copyrights © 2021