Damhil Education Journal
Vol 2, No 2 (2022)

SEJARAH PERKEMBANGAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PENDIDIKAN TINGGI KESEHATAN INDONESIA

Khalilah Khalilah (Management Pendidikan, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Sejak akhir 2014, Pemerintah Indonesia melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan otoritas kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) untuk mengakreditasi prodi-prodi bidang keilmuwan dan profesi kesehatan di Indonesia. Artikel ini membahas seperti apa sejarah perkembangan lembaga tersebut sebagai lembaga akreditasi akreditasi mandiri. Dengan berbasis metode studi kasus deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa LAM-PTKes adalah LAM yang tertua di Indonesia. LAM ini didirikan pada bulan Maret 2015 oleh 14 assosiasi organisasi keilmuwan dan profesi di bidang kesehatan, yaitu Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (IAPNI), Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Perhimpunan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Sebagai LAM tertua, LAM-PTKes saat ini masih menjadi role model bagi LAM-LAM lainnya di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...