Damhil Education Journal
Vol 2, No 1 (2022)

PENERAPAN KEGIATAN IMTAQ DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA

Jumahir Jumahir (Universitas Muhammadiyah Luwuk)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Pengembangan karakter pada lingkungan sekolah pada siswa merupakan tanggungjawab sekolah itu sendiri, melalui kegiatan imtaq secara rutin. Kegiatan Imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk melalui kegiatan program sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk. Untuk menjawab masalah tersebut digunakanlah penelitian metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Hasil penelitian Penerapan kegiatan imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa, sebagai berikut: Penerapan kegiatan Imtaq di SMA Muhammadiyah Luwuk berjalan dengan baik, dilakukan setiap Jum’at pagi sebelum pembelajaran dimulai. Dengan adanya program Imtaq ini siswa dapat mencerminkan karakter yang religius. Namun dibalik telah berjalannya kegiatan imtaq masih terdapat kendala yang dihadapi dalam kegiatan imtaq, yakni: Terdapat beberapa siswa dan guru yang kurang aktif tidak ikut serta dalam proses kegiatan imtaq. Dengan adanya kendala tersebut maka kepala sekolah mencari solusi yang tepat agar kegiatan imtaq berjalan dengan baik, yakni: Kepala sekolah memberikan arahan kepada semua guru-guru terutama guru pendidikan agama Islam supaya terlibat langsung dalam kegiatan imtaq, karena guru harus memberikan contoh teladan yang baik terhadap siswa dengan ikut terlibat dalam kegiatan imtaq sehingga dapat memotivasi siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan imtaq.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...