Damhil Education Journal
Vol 2, No 1 (2022)

INTERAKSI PEMBELAJARAN SENI TARI vs PEMBELAJARAN SENI MUSIK DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK

Mawaddah Mawaddah (Universitas Muhammadiyah Luwuk)
Khairul Akbar (Universitas Muhammadiyah Luwuk)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Dalam perkembangan motorik anak juga dipengaruhi oleh lingkungan, hal lain adalah sulitnya anak dalam mengikuti pembelajaran, ada juga yang masih ditemani dan dibantu oleh orang tuanya, ada yang tidak percaya diri, tidak mau bergabung dengan temannya, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni musik dan kreativitas terhadap kemampuan motorik kasar. Hal ini dilakukan berdasarkan observasi awal bahwa kemampuan motoric kasar anak masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain quasi eksperimen pretest-posttest non equivalent control group design dengan versi factorial 2x2. Bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar melalui pembelajaran seni tari dan pembelajaran seni music, 2) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar dengan kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, 3) mengetahui apakah ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak. Populasi penelitian ini adalah siswa di TK DDI Midaarul Ulum Kilongan . teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistic two way ANAVA (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...