Dalam perkembangan motorik anak juga dipengaruhi oleh lingkungan, hal lain adalah sulitnya anak dalam mengikuti pembelajaran, ada juga yang masih ditemani dan dibantu oleh orang tuanya, ada yang tidak percaya diri, tidak mau bergabung dengan temannya, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni musik dan kreativitas terhadap kemampuan motorik kasar. Hal ini dilakukan berdasarkan observasi awal bahwa kemampuan motoric kasar anak masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain quasi eksperimen pretest-posttest non equivalent control group design dengan versi factorial 2x2. Bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar melalui pembelajaran seni tari dan pembelajaran seni music, 2) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar dengan kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, 3) mengetahui apakah ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak. Populasi penelitian ini adalah siswa di TK DDI Midaarul Ulum Kilongan . teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistic two way ANAVA (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak
Copyrights © 2022