Ada banyak teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, khususnya dalam bidang speaking. Di Indonesia sendiri pembelajaran speaking bahasa Inggris dianggap materi yang sulit untuk dipelajarai karena memang orang Indonesia tidak terbiasa mengaplikasikan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Oleh sebab itu dosen harus mampu memeilih teknik pembelajaran speaking yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa. Salah satu teknik pembelajatan speaking yang dapat meningkatkan kemampuan speaking bahasa Inggris mahasiswa adalah teknik English Debate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik English Debate efektif dan dapat meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan pada mahasiswa Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura semester dua kelas D tahun ajaran 2021/2022. Selama proses penelitan, pembelajaran speaking dilakukan dengan menggunakan teknik English Debate. PTK dalam penelitan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata mahasiswa pada siklus I adalah 69 dan masuk pada kategori cukup. Kemudian penelitian dilanjutkan pada siklus II dan didapatkan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 81,1 serta masuk pada kategori baik. Sehingga berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa teknik English Debate dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran speaking.
Copyrights © 2022