Damhil Education Journal
Vol 2, No 1 (2022)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP KECENDERUNGAN MINAT BELAJAR

Sahrul Salingkat (Universitas Muhammadiyah Luwuk)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Minat belajar adalah aspek psikologi seorang yang menampakan diri dalam beberapa gejala , seperti gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Kelompok terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga, (2) Pengaruh Kemandirian terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga, (3) Interaksi antara pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Kelompok dan Kemandirian terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran bermain kelompok terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik, (2) ada pengaruh kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik, (3) terdapat interaksi anatar metode pembelajaran bermain kelompok dan kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik. Pada dasarnya anak usia dini merupakan usia yang tepat dalam proses mengembangkan potensi diri, melihat permasalahan dan hasil penelitian yang di lakukan metode pembelajaran bermain kelompok dan kemandirian merupakan sebuah solusi yang tepat dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...