Damhil Education Journal
Vol 2, No 2 (2022)

BIMBINGAN PRA-NIKAH DALAM PRGRAM BP-4: SEBUAH USAHA TERENCANA UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH

Ali Imran (Kantor Kementerian Agama kabupaten Malang)
Agus Salim (Universitas Islam Raden Rahmat)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Kekhawatiran terbesar yang dihadapi pemerintah  kabupaten Malang adalah meningkatnya angka perceraian kelaurga di masyarakat kabupaten Malang. Tercatat sejak tahun tahun 2020 hingga tahun 2021 telah terjadi 4.592 perceraian. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya terjadi perkawinan anak-anak di bawah umur. Hal ini mendorong BP4 sebagai organisasi mandiri, profesional yang bersifat sosial keagamaan sebagai mitra Kementerian Agama untuk membantu memberikan pembinaan kepada masyarakat dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah bagi masyarakat Kab. Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bimbingan pra-nikah dalam program BP-4 KUA di Kab. Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian penelitian lapangan (field resech). Subjek penelitian ini adalah anggota BP-4 KUA Kab. Malang dan beberapa calon pengantin yang ada di kecamatan Pagelaran. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan Teknik analisis konten dan dilakukan secara cermat dengan pola deduktif ke induktif dan terakhir dengan mengambil kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan pra-nikah dalam program BP- 4 meliputi: a) Pembinaan remaja pra nikah, b) Pembentukan kelompok binaan keluarga sakinah, c) Pembinaan calon pengantin tentang persiapan perkawinan dan dinamika keluarga, d) Pembinaan pengelolaan keuangan dalam keluarga, e) Pembinaan kesehatan dalam rangka reproduksi keluarga, dan f) Pembinaan keluarga sakinah lewat majlis ta’lim. 2) Pelaksanaan pendidikan Islam melalui BP 4 dengan pembinaan 8 jam pelajaran (2 hari). Model bimbingan yang digunakan adalah model pendidikan orang dewasa (andragogi), yakni suatu model yang menempatkan peserta sebagai narasumber penting dalam proses pembelajaran. Treatmen modul, model yang digunakan, serta outputnya juga dibahas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...