Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 9 No 2 (2018): JPD-Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI KELAS V SDNAR BUARAN MANGGA II KABUPATEN TANGERANG

Siti Mahbubah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)
Asih Rosnaningsih (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)
Enawar Enawar (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam membaca khususnya membaca puisi masih kurang baik karena dalam membaca puisi siswa masih kesulitan untuk mengucapkan intonasi dan ekspresi ketika membaca puisi akibatnya siswa masih terlihat biasa saja seperti membaca teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh strategi Directed Reading Activity terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas V SDN Buaran Mangga II Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2018. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Instrmen yang digunakan yaitu tes dengan menggunakan performance test. Hasil penelitian ini menunjukkan dari hasil uji t pretes dapat diperoleh data berupa nilai signifikansi t-tabel sebesar 2,00 < t-hitung 0,83 dan dari hasil uji t postes dapat diperoleh data berupa nilai signifikansi t-tabel 2,00 > t-hitung 14,49. Hal itu berarti bahwa probabilitas < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca puisi siswa pada kelas yang menggunakan strategi Directed Reading Activity dengan kelas yang menggunakan pengajaran dengan metode ceramah, hasil analisis antara strategi Directed Reading Activity (variabel X) terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas V

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary ...