Educational Technology Journal
Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 Nomor 1, April 2022

PENGEMBANGAN MEDIA ENGCITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Nabilah Azzahra (Universitas Negeri Jakarta)
Nina Nurhasanah (Universitas Negeri Jakarta)
Nidya Chandra Muji Utami (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari pengembangan media engklek cinta tanah air (engcita) untuk mengembangkan media engcita agar mengenal berbagai macam suku dan bangsa yang ada di Indonesia setelah menggunakan engklek cinta tanah air (engcita) dan juga menguji kelayakan engklek cinta tanah air dalam mengembangkan karakter cinta tanah air kepada peserta didik. Pembelajaran PPKn masih membutuhkan media pembelajaran lain sebagai alternative karena pembelajaran PPKn di SD sejatinya adalah pembelajaran awal mengenai norma dan adab yang berlaku di masyarakat mulai dari lingkungan paling dekat (keluarga) sampai lingkungan luar (masyarakat umum). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D). pengembangan model yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kuantitatif  dan data kualitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari wawancara hasil analisis kebutuhan. Data kuantitatif adalah data yang memaparkan hasil pengembangan produk menggunakan kuesioner. Berdasarkan penilaian dari ahli (expert review), guru serta evaluasi produk oleh peserta didik terhadap media engcita yang dikembangkan Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien serta sesuai kebutuhan peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

etj

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Technology Journal (ETJ) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is ...