cover
Contact Name
Hirnanda Dimas Pradana
Contact Email
hirnandapradana@unesa.ac.id
Phone
+6285732745279
Journal Mail Official
etj@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Gedung O4 Lantai 1 FIP Unesa Kampus Unesa Lidah Wetan Jalan Lidah Wetan Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Educational Technology Journal
ISSN : -     EISSN : 27972593     DOI : https://doi.org/10.26740/etj.v2n2
Core Subject : Education,
Educational Technology Journal (ETJ) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. 1. Educational Technology 2. Curriculum 3. Learning Media 4. Learning Material 5. Learning Environment 6. Learning Methods 7. Learning Theory 8. Learning Design 9. Learning Approach 10. Learning Model 11. Learning Strategies 12. Techniques in Learning
Articles 48 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 BOJONEGORO MELALUI ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Sri Sakti Wahyu
Educational Technology Journal Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1, April 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.282 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n1.p41-49

Abstract

Kemampuan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan (Arsjad dan Mukti, 1988:17). Pengukuran kemampuan berbicara awal dan akhir siswa yang merupakan data awal dan data akhir dilakukan dengan cara menggunakan kuesioner. Pengukuran kemampuan berbicara akhir siswa selain dengan menggunakan kuesioner juga dilakukan dengan cara menggunakan penilaian diri sendiri, oleh teman dan guru yang merupakan hasil observasi Role Playing yang ditampilkan oleh siswa serta data dokumentasi yang berupa catatan lapangan yang diperoleh dari hasil observasi pada setiap pertemuan. Data ini digunakan untuk membantu deskripsi data yang diperoleh melalui kuesioner. Pengukuran kemampuan berbicara siswa dilakukan dengan membandingkan antara data kemampuan berbicara awal dengan kemampuan berbicara akhir siswa. Penerapan Role Playing pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I, hasil belajar siswa yang diukur dengan nilai ulangan harian Sri Sakti Wahyu A. Peningkatan Kemampuan Berbicara Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 4 Bojonegoro Melalui Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa sebanyak 17 siswa (54,8%) tuntas dan yang belum tuntas sebanyak 14 siswa (45,2%) dengan rerata 73,2. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (87,1%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa (12,9%) dengan rerata 83,74. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II. Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Role Playing dapat mengembangkan kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil observasi dan data di lapangan, siswa mengalami peningkatan dalam berbicara antara siklus I dan siklus II.
PENGEMBANGAN BAHAN DARING MATA KULIAH DESAIN PESAN BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN Utari Dewi; Khusnul Khotimah; Alim Sumarno
Educational Technology Journal Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1, April 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.124 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n1.p11-18

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Daring mata kuliah Desain Pesan dengan menggunakan fasilitas vi-learning yang telah disediakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D Model oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Tahapan pengembangan meliputi define, design, develop, desiminate. Pada setiap tahap dilakukan evaluasi dan revisi dengan tujuan melihat hasil tahapan pengembangan yang ditujukan untuk melakukan tahap selanjutnya. Dari hasi validasi ahli materi dan ahli media didapatkan data masing –masing 87,5% dan 85,7%, sehingga bahan ajar daring layak digunakan. Sedangkan uji coba pengguna didapatkan data berdasarkan aspek tampilan menunjukkan prosentase 50% dengan kriteria cukup dan kualifikasi cukup layak, aspek penyajian materi menunjukkan prosaentase 85,4% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak dan aspek manfaat menunjukkan prosaentase 95,8% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar daring mata kuliah desain pesan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD MELALUI PAPAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA Mardiah Mardiah
Educational Technology Journal Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1, April 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.753 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n1.p1-10

Abstract

  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cerme di kelas XI A3 dengan jumlah siswa 34 siswa,13 laki-laki dan 21 perempuan. Prosedur PTK ini meliputi tiga siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dan dianalisis dengan cara sebagai berikut, (1) dari instrument lembar observasi siswa akan diperoleh partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, (2) dari instrument angket siswa akan diperoleh data tentang respon siswa terhadap penerapan strategi kooperatif teknik STAD melalui media papan monopoli, (3) dari instrument lembar soal akan diperoleh data penguasaan materi Hukum gravitasi Newton. Hasil analisis didapat hasil belajar siswa meningkat. Siklus I (73,5%), siklus II (82,35%), siklus III (94%). Kesimpulannya penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik STAD melaui media papan monopoli dapat meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hukum gravitasi Newton pelajaran Fisika.
MODEL PEMBELAJARAN DEMOCRACY CARD Endang Suasaningdyah
Educational Technology Journal Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1, April 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.466 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n1.p50-61

Abstract

  Model pembelajaran Democracy Card (DC) berdasarkan posisi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran, menggunakan konsep guru dibelakang. Guru sengaja membiarkan peserta didik mengambil bagian lebih besar untuk merancang kegiatan sendiri, melakukan sendiri dan menyimpulkannya sendiri atau dapat dikatakan skenario pembelajaran dari, untuk dan oleh peserta didik sendiri didominasi kegiatan mulai individual dalam beberapa menit, kegiatan kelompok kecil lalu kegiatan kelas dengan mengembangkan kreativitasnya semaksimal mungkin, dan kemudian hasilnya dipajang dipapan tulis. Semua berpusat kepada peserta didik. Guru hanya memberikan fasilitas berupa lem kertas untuk menempel kartu soal di whiteboard. Kegiatannya berbasis aktifitas dan kreatifias menumbuhkan antusiasme berkaitan dengan berebut menjawab pertanyaan, menumbuhkan sikap konsekwen, adil, toleransi sehingga tercapai proses pembelajaran dengan suasana belajar menarik, rileks dan menyenangkan bagi peserta didik.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAPEL MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 2 SDN ALANG-ALANG CARUBAN 1 TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Luluk Zuliatin
Educational Technology Journal Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1, April 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.98 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n1.p31-40

Abstract

  Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SDN Alang-alang Caruban I Kelas 2 Semester 1. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum perbaikan siklus I sampai siklus II yaitu, Pembelajaran awal (21 %), siklus I (42%), siklus II (90%). Simpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran dengan metode demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Siswa SDN Alang-alang Caruban I Kelas 2 semester 1, serta metode pelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.
Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2019 Gesita Septafi
Educational Technology Journal Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.948 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n2.p1-16

Abstract

  Sebagai mahasiswa yang akan mempersiapkan tugas akhir diperlukan adanya penguatan dan kemampuan menulis karya ilmiah, sebagai penulis pemula mahasiswa di berikan tes membuat artikel ilmiah secara individu. Hal ini penulis bertujuan menganalisis 1) kemampuan mahasiswa menulis sistematika artikel ilmiah, 2) kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah sesuai sistematikanya, dan 3) kemampuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia dalam penulisan artikel ilmiah. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa PGSD Universitas Negeri Malang angkatan 2019. Data adalah hasil pengerjaan mahasiswa yakni penulisan artikel ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkahnya yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pertama, kemampuan menulis sistematika artikel ilmiah. 30 mahasiswa atau 86% dikategorikan dapat menulis sistematika artikel ilmiah. Sisanya, 5 mahasiswa atau 14% dikategorikan perlu bimbingan. Kedua, kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah. Mahasiswa dikategorikan baik karena lebih dari 75% sudah bisa menulis. 25% mahasiswa dikategorikan perlu bimbingan. Ketiga, kemampuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia. Adanya kesalahan, dikarenakan mahasiswa kurang membaca karya ilmiah, sehingga pengetahuan penggunaan ejaan bahasa Indonesia masih relatif kurang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALAT INDRA PENDENGARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Yetty Auliaty; Rosinar Siregar; Novi Alawiyah
Educational Technology Journal Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.981 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n2.p31-42

Abstract

  Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains pada muatan IPA dengan materi Alat Indra Pendengaran untuk kelas IV Sekolah Dasar. Dengan tujuan dapat memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan literasi sains saat usia Sekolah Dasar. Pengambilan sampel menggunakan validasi produk dengan pengisian kuesioner sebanyak 3 orang peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Uji coba didik kelas IV Sekolah Dasar yang berdomisili dekat dengan peneliti, dikarenakan masih dalam keadaan pandemi Covid – 19. Hasil penelitian oleh ahli media sebesar 94.25%, ahli materi sebesar 97.6%, dan ahli bahasa sebesar 96.6%. Hasil uji coba pengguna mendapatkan nilai rata – rata sebesar 98%. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif terkategorikan sangat baik dan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPA kelas IV Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN BUKU AUDIO DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR Fachrurrozi Fachrurrozi; Nidya Chandra Muji Utami; Riska Aldian
Educational Technology Journal Vol 1 No 2 (2021): Volume 1 Nomor 2, Oktober 2021
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.349 KB) | DOI: 10.26740/etj.v1n2.p17-31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa buku audio digital sebagai media pembelajaran membaca permulaan untuk kelas I Sekolah Dasar. Produk ini dikembangkan karena masih sedikitnya media membaca yang menggunakan audio serta gambar ilustrasi yang menarik dalam pembelajaran membaca permulaan. Adapun pengembangan buku audio digital ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan model penelitian pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Terdapat dua tahap analisis, yaitu tahap expert review dan tahap uji coba. Hasil penelitian memeroleh 89% validasi ahli media 97,5% ahli Bahasa dan 98% dari ahli materi. Rerata skor presentase kelayakan yang diperoleh pada tahap expert review sebesar 95%. Tahap uji coba mendapatkan rata-rata kelayakan produk 95% pada uji coba one to one, 99% pada uji coba small group dan 98% pada uji coba field test. Hasil rerata skor presentase kelayakan yang diperoleh pada tahap uji coba sebesar 97% sehingga produk masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dapat menggunakan buku audio digital sebagai media pembelajaran membaca permulaan
PENGEMBANGAN MEDIA ENGCITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KELAS 4 SEKOLAH DASAR Nabilah Azzahra; Nina Nurhasanah; Nidya Chandra Muji Utami
Educational Technology Journal Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 Nomor 1, April 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.972 KB) | DOI: 10.26740/etj.v2n1.p10-21

Abstract

Tujuan dari pengembangan media engklek cinta tanah air (engcita) untuk mengembangkan media engcita agar mengenal berbagai macam suku dan bangsa yang ada di Indonesia setelah menggunakan engklek cinta tanah air (engcita) dan juga menguji kelayakan engklek cinta tanah air dalam mengembangkan karakter cinta tanah air kepada peserta didik. Pembelajaran PPKn masih membutuhkan media pembelajaran lain sebagai alternative karena pembelajaran PPKn di SD sejatinya adalah pembelajaran awal mengenai norma dan adab yang berlaku di masyarakat mulai dari lingkungan paling dekat (keluarga) sampai lingkungan luar (masyarakat umum). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian Research and Development (R&D). pengembangan model yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kuantitatif  dan data kualitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari wawancara hasil analisis kebutuhan. Data kuantitatif adalah data yang memaparkan hasil pengembangan produk menggunakan kuesioner. Berdasarkan penilaian dari ahli (expert review), guru serta evaluasi produk oleh peserta didik terhadap media engcita yang dikembangkan Sangat Layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien serta sesuai kebutuhan peserta didik
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR Sumayyah Rahma Dina; Maratun Nafiah; Rosinar Siregar
Educational Technology Journal Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 Nomor 1, April 2022
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.852 KB) | DOI: 10.26740/etj.v2n1.p1-9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis penggunaan media realia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan studi literatur. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini berupa dekripsi penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika akan membantu kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif maupun komparatif beberapa penelitian menunjukkan bahwa peserta didik merespon positif penggunaan realia dalam kegiatan pembelajaran. Hasil ini diperoleh berdasarkan hasil observasi dan angket yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Dengan penggunaan media realia terbukti dapat menarik minat peserta didik untuk melakukan pembelajaran. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media realia pada pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik.