Murabby: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 2, No 2 (2019): Murabby Vol. 2 No. 2 September 2019

EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Marhamah Marhamah (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Radhiatul Hasnah (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Zainal Efendi (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 1. (2). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan SPL pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 2. (3). Mengetahui  perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan strategi PQ4R dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan SPL pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 1 dengan kelas X BOGA 2 SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (Randomized Control Group Only Design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 81,33 dengan persentase ketuntasan 77%, dan rata-rata nilai pada kelas kontrol yaitu 72,57dengan persentase ketuntasan 57%. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh thitung > ttabel (>1,67)dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar strategi PQ4R lebih baik dibandingkan dengan SPL pada mata pelajran PAI kelas X BOGA SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman. Kata kunci: , 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

murabby

Publisher

Subject

Education

Description

Murabby Jurnal Pendidikan Islam, a peer reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated ...