Murabby: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4, No 1 (2021): Murabby Vol. 4 No. 1 April 2021

Pembelajaran Online Era Pandemi Covid 19 di Lingkungan Madrasah Kota Padang

Muhammad Zalnur (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Abdul Basit (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) merupakan salah satu ikhtiar dari solusi pembelajaran pada era pandemi covid 19 sekarang ini. Tulisan ini ingin melihat bagaimana return umpan balik atau respon dari praktik pembelajaran online di madrasah. Pertanyaan penelitian dirumuskan: Bagaimana pengembangan pembelajaran online di madrasah? Metode penelitian yang digunakan adalah  kualitatif dengan menelaah lebih dalam tentang kecenderungan madrasah dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar merespon suasana Pandemi Covid 19 dengan mempertajam pada studi dua kasus madrasah. Kasus yang dipilih adalah pengembangan pembelajaran online di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah  Aliyah Negeri se Kota Padang. Penelitian ini menyimpulkan tidak berjalannya pembelajaran online di madrasah adalah karena anggapan bahwa handphone/gadget/android lebih banyak memberikan madhorot dari pada manfaat bagi perkembangan pendidikan di madrasah. Hal ini menjadi sumber masalah utama gagapnya madrasah dalam menghadapi pembelajaran online di masa pandemi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan baru terkait penggunaan teknologi komunikasi di madrasah. Kalau selama ini masih dilarang, ke depan perlu akses tertentu agar siswa boleh menggunakan media komunikasi dalam mengembangkan pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

murabby

Publisher

Subject

Education

Description

Murabby Jurnal Pendidikan Islam, a peer reviewed journal, is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated ...