El-Rusyd
Vol. 3 No. 1 (2018): Juni

PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI DALAM KURIKULUM 2013

Afni Lindra (STIT Ahlussunnah Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Kurikulum yang diartikan sebagai serangkaian pengalaman belajar siswa melalui interaksi dengan sumber belajar, dikembangkan berdasarkan suatu pendekatan yang dijadikan sebagai landasan dalam pengembangan kurikulum tersebut. Begitu hal nya dengan kurikulum 2013 yang dikembangkan menggunakan pendekatan yang berpusat kepada siswa (Student Centered). Salah satu model pembelajaran berpusat kepada siswa, yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu contextual teaching and learning (CTL). Dalam pembahasan ini mengkaji mengenai pembelajaran yang menggunakan model CTL ini di dalam kurikulum 2013, dengan tujuan bisa dijadikan salah satu rujukan bagi guru untuk menerapkan CTL ini di dalam proses pembelajaran. Kajian ini penting untuk dilakukan, karena berdasarkan penelitian sebelumnya, ditemukan guru masih monoton dalam pemilihan model pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

el-rusyd

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

This journal contains scientific papers which are the result of research and community service, with the scope of Education, Arabic and Islamic ...