Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi
Vol. 5 No. 2 (2021): Volume 5, Issue 2, Desember 2021

Analisis Peresepan Obat Pada Instalasi Rawat Jalan Di Klinik X Kabupaten Bogor Periode September -November 2020

Koniah, Eni (Unknown)
Wulandari, Cyntia (Unknown)
Setiani, Lusi Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

Dampak bagi pasien atas ketidakrasionalan pada pengobatan akan berdampak pada tingginya tingkat pembiayaan dalam pelayanan kesehatan. Obat yang tidak rasional akan memberikan khasiat yang tidak sesuai dengan terapi pengobatan, adanya efek lain yang berbahaya antara pencampuran berbagai jenis obat dan menurunnya mutu pelayanan kesehatan. Peningkatan nilai rasionalitas suatu obat dalam pengobatan diperlukan adanya usaha dari tenaga kesehatan agar obat dikelola dengan baik dan sesuai panduan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan gambaran mengenai pola peresepan obat pada salah satu klinik di kabupaten Bogor. Penelitian ini dapat memberikan gambaran tingkat rasionalitas peresepan dan upaya untuk meningkatkan rasionalitas dalam penggunaan obat serta kesalahan dalam pemberian obat pada pelayanan kesehatan dasar di klinik. Hasil penelitian di dapatkan bahwa pola peresepan obat di salah satu klinik Kabupaten Bogor yakni 98,66 % dengan total resep yang di analisis sebanyak 148 resep menununjukan resep sudah rasional. Hasil analisa dari penelitian ini bahwa pengobatan di klinik X termasuk dalam kategori rasional diantaranya tepat kepada pasien sesuai terapi pengobatannya, tepat pemberian obat serta dosis obat, tepat pada waktu dan cara pemberian yang diberikan oleh tenaga kesehatan juga tepat pada dokumentasi peresepan di fasilitas layanan kesehatan dan tepat informasi obat kepada pasien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIITUJ

Publisher

Subject

Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JIITUJ publish the result of research on applied science and education (Research of applied science and education) such as: the research result on applied science and education such as curriculum development and learning, character education, technology and instructional innovation, and learning ...