JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 6, No 3 (2022): September (JIKAP PGSD)

Signifikansi Hasil Belajar Materi Konsep Gaya menggunakan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) di Sekolah Dasar

muslimin muslimin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM)
Muspratiwi Pertiwi MR (UNM)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, terjadi peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah mencapai indikator yang telah di tetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang konsep gaya kelas IV SDN 1 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...