JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 5 No 3 (2022): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2022

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII MTS AR- RAUDLATUL HASANAH LUMUT

Sukrina Ayu Khalilah (Unknown)
Nunik Ardiana (Unknown)
Rahmatika Elindra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pemahaman konsep matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial di kelas VII MTs Ar- Raudlatul Hasanah Lumut. Penelitian ini akan dilaksanakan di MTs. Ar-Raudlatul HasanahLumut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru bidang studi matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui nilai rata-rata Hasil observasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTs Ar- Raudlatul Hasanah Lumut yaitu sebesar 57.14 yaitu berada pada kategori kurang. Nilai rata-rata tes materi aritmetika sosial diketahui sebesar 49.44 dengan kategori Rendah. Berdasarkan dari tes yang dilakukan terdapat sebanyak 1 siswa yang memiliki kategori tinggi atau sekitar 5.26%. Pada kategori sedang diperoleh sebanyak 6 siswa atau sebesar 31.58%. Kemudian pada kategori rendah yaitu 12 siswa atau 63.16%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian siswa berada pada kategori rendah. pencapaian ini menunjukkan masih banyak siswa yang memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah di kelas VII MTs Ar- Raudlatul Hasanah Lumut. . Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Konsep, Matematika, Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...