Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1

Improving Science Learning Results Through Saintificial Approach with Interactive PowerPoint Media

Agus Riyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pucakwangi 02 tergolong rendah yaitu sebesar 64% dibawah KKM dan nilai rata-rata sebesar 58. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa serta peningkatan keterampilan guru. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 68%, siklus II menjadi 76%, dan siklus III menjadi 84%. Aktivitas siswa siklus I mendapat skor rata-rata 16,92, siklus II menjadi 19,44 dan siklus III menjadi 23,4. Keterampilan guru siklus I mendapat siklus II menjadi 25 dan siklus III menjadi 29. Dengan demikian melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media Powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...