Hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pucakwangi 02 tergolong rendah yaitu sebesar 64% dibawah KKM dan nilai rata-rata sebesar 58. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa serta peningkatan keterampilan guru. Hasil belajar siswa siklus I sebesar 68%, siklus II menjadi 76%, dan siklus III menjadi 84%. Aktivitas siswa siklus I mendapat skor rata-rata 16,92, siklus II menjadi 19,44 dan siklus III menjadi 23,4. Keterampilan guru siklus I mendapat siklus II menjadi 25 dan siklus III menjadi 29. Dengan demikian melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media Powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Copyrights © 2021