Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 1

Applying The Discovery Learning Model to Improve Motivation and Learning Outcomes for People and Health Class X 1 Botomuzoi Senior High School

Ari Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Penjaskes Peserta didik Kelas X. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosialisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik Model discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada pertemuan kedua memperoleh skor rata-rata (4,71) dan hasil observasi Peserta didik pertemuan kedua mencapai skor rata-rata (4,43). Sedangkan hasil belajar Peserta didik mencapai nilai rata-rata (87,65), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 75,00) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...