Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Improving Understanding Identifying Nature Of Counting Operations Through Models Cooperative STAD Type

Lailatul Khasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) Meningkatkan keaktifan siswa, dan 2) Meningkatkan hasil belajar. Prioritas pemecahan masalah yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah 90% prestasi belajar siswa lebih dari KKM yang ditentukan yaitu 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran, dan meningkatkan hasil pembelajaran ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan belajar. Peningkatan prestasi belajar siswa terjadi dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas siswa dari 61,5 menjadi 78,5. Dan meningkatnya persentase ketuntasan dari 42,4 % menjadi 100 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...