Nilai dari sebuah pembelajaran PJOK dapat menumbuhkan karakter peserta didik. Permasalahan karakter yang tercermin dalam peserta didik antara lain adalah kurangnya kejujuran, kurangnya rasa tanggung jawab, rendahnya tingkat kedisiplinan, kurangnya kerja sama, kurangnya kesadaran akan keadilan dan kurangnya kepedulian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil karakter peserta didik pada pembelajaran PJOK melalui permainan tradisional di MIN 7 Jembrana. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat terhadap suatu populasi atau daerah tertentu, mengenai sifat-sifat dan fakta-fakta tertentu. Berdasarkan hasil dari analisis data Deskriptif Kuantitatif, maka dapat disimpulkan bahwa Survei Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran PJOK di MIN 7 Jembrana adalah 97,61% dengan kategori sangat tinggi. Peserta didik akan dapat menjaga dan meningkatkan karakter yang baik, baik di lingkungan belajar maupun di lingkungan sosial.
Copyrights © 2022