Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)

ANALISIS ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDAUNG BARAT

Samsul Azhar (Unknown)
Siti Maemunah (Unknown)
Boy Dorahman (Unknown)
Nur Latifah (Unknown)
Septy Nurfadhillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana aspek kognitif pada pendidikan jasmani di kelas IV. Menggunakan metode deskriptif mengenai fenomena-fonomena di lingkungan sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan peserta didik, guru sebagai informan ke dua dalam permasalahan aspek kognitif pendidikan jasmani. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek kognitif pada pendidikan jasmani diawali dengan perencanaan dan pelaksanaanya. Pengimplementasian aspek kognitif pada pendidikan jasamani menggunakan metode yang dimiliki oleh guru salah sataunya melakukan kemampuan pengetahuan peserta didik sampai ke tingkat evaluasi. Aspek kognitif yang ditekankan pada pembelajaran pendidikan jasamni yaitu tidak saja menyangkut penguasaan pengetahuan faktual semata-mata, tetapi meliputi pula pemahaman terhadap gejala gerak dan prinsipnya. Masalahnya masih kurang minat dan motivasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kejaora

Publisher

Subject

Humanities Education Physics

Description

Jurnal Kejaora merupakan kumpulan dari jurnal hasil-hasil penelitian, kajian pustaka dan karya ilmiah dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, kesehatan dan rekreasi. Diterbitkan secara berkala dua kali per tahun pada Bulan April dan November oleh Jurusan (Program Studi) Pendidikan Jasmani ...