Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2022)

Penerapan Media Digital Storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita

Andi Naga Wulan (Universitas Jambi)
Herman Budiyono (Universitas Jambi)
Imam Suwardi Wibowo (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kemampuan menulis berita siswa kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan media digital storytelling. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media digital storytelling dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Pada prasiklus, kualitas proses pembelajaran kurang baik (2,45). Siklus 1, kualitas proses pembelajaran masih kurang baik (2,9). Siklus 2, kualitas proses pembelajarannya baik (4,1). Sementara dari hasil unjuk kerja siswa saat menulis berita menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis berita. Hasil prasiklus menunjukkan nilai rata-rata siswa yaitu 28,2. Siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 56,4. Siklus 2 berhasil mencapai indikator pembelajaran dengan nilai rata-rata yaitu 87,1. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendidik dapat menggunakan media digital storytelling untuk pembelajaran menulis berita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imajeri

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

IMAJERI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN: 2654-4199) is an open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is providing a platform for the researchers, academicians, ...