Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan kearah yang lebih kompleks. Perkembangan IPTEK menuntut siswa untuk bisa memanfaatkannya, salah satunya untuk melihat keterampilan proses sains. salah satu bahan ajar yang diinovasikan adalah modul berbasis elekronik (E-Modul) yang dapat membantu proses pembelajaran secara daring maupun tatap muka. Tujuan dalam penelitian ini adalah menghasilkan E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning menggunakan Smart Apps Creator terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA dengan kriteria efektif menerapkannya pada cakupan yang lebih luas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model siklus 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat pada semester Genap tahun akademik 2021/2022 yaitu pada mata pelajaran Fisika pokok bahasan Fluida Statis. Adapun objek penelitian ini adalah segala aktivitas pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) dan penilaian terhadap keterampilan proses sains. Untuk tahap penyebaran dilaksanakan di SMAN 1 Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi provinsi Riau. Hasil pada tahap uji coba yang telah dilakukan di SMAN 1 Ranah Batahan diperoleh E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa efektifitas pada penerapan E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model PBL diperoleh nilai 75,41 yang berarti Efektif digunakan pada aspek Keterampilan Proses Sains Siswa.
Copyrights © 2022