JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Perkuliahan Daring VS Perkuliahan Tatap Muka terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pasca Pandemi Covid-19

Jainal Abidin (Universitas Graha Nusantara)
Erwina Azizah Hasibuan (Universitas Graha Nusantara)
Mahdalia Harahap (SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perbandingan motivasi belajar pada saat belajar daring dan belajar tatap muka setelah pasca pandemic covid berakhir. Wabah penyakit covid-19 merupakan keadaan diluar prediksi telah membawa perubahan yang mendesak di berbagai sektor kegiatan diantaranya pada dunia pendidikan. Hal tersebut mempengaruhi kebijakan untuk diterapkan pada dunia pendidikan dengan merubah pembelajaran yang harus datang ke kelas menjadi cukup di rumah saja. Banyak tantangan penerapan pembelajaran secara daring yang didapatkan pada saat pandemic covid ini, salah satunya motivasi belajar. Motivasi belajar cenderung akan muncul dengan baik jika adanya interaksi langsung antara pendidik dengan peserta didiknya. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom, google meet, google classroom dan whatsapps yang proses pembelajarannya secara virtual. Banyak peserta didik hanya cuma mengikuti tetapi tidak memahami karena tidak adanya motivasi belajar. Sehingga diperlukan solusi untuk mengembalikan motivasi belajar. Pembelajaran tatap muka adalah solusi untuk meningkatkan motivasi belajar. Dengan dilaksanakannya kembali pembelajaran tatap muka terbatas yaitu dengan tetap menerapakan protocol kesehatan akan meningkatkan motivasi belajar. Sehingga pada penelitian ini didapatkan hasil dari perbandingan dari pengaruh pembelajaran secara daring dengan pembelajaran tatap muka didapatkan bahwa penerapan pembelajaran tatap muka menyebabkan meningkatnya motivasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...