Padaringan : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi
Vol 4, No 3 (2022): September 2022

Penggunaan Aplikasi Tiktok Dalam Pembentukan Konsep Diri Remaja Di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang

Rizki Setiawan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Putri Ayu Nabila (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana konsep diri remaja pengguna aplikasi TikTok di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang dengan menggunakan teori looking glass self Charles Horton Cooley dengan 3 indikator sebagai pisau analisis untuk mengetahui gambaran konsep diri yang dimiliki remaja pengguna aplikasi TikTok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kriteria pemilihan informan yaitu informan kunci yang merupakan remaja pengguna aktif aplikasi Tiktok dan informan pendukung yang merupakan ibu, kakak, dan teman dekat atau sahabat informan kunci. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) terdapat 2 faktor yang membentuk konsep diri remaja pengguna aktif aplikasi TikTok di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang. 2) konsep diri remaja pengguna aktif aplikasi TikTok di Desa Pisangan Jaya, Kabupaten Tangerang adalah konsep diri positif, berdasarkan hasil temuan yakni mendapatkan ketenaran dengan viral dimedia sosial, kepuasan setelah menerima respon positif dari orang lain, menerima pujian secara wajar, menerima kritikan dan saran dengan terbuka, dan memperbaiki diri kearah yang lebih baik lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

padaringan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Padaringan adalah Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari,Mei,dan September) oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi yang memuat tentang aspek : (1) Hasil Penelitian,(2) Opini, resensi buku maupun info pendidikan, sosiologi serta ...