MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNISI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 PULAU RAKYAT

Rika Handayani (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur)
Lailin Hijriani (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur)
Risna Mira Bella Saragih (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Timor Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognisi siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Populasi siswa seluruh SMP Negeri 1 Pulau Rakyat. Sampel Kelas VIII-1 yang terdiri dari 32 siswa diberi Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematik, angket metakognisi. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan metakognisi terhadap komunikasi matematik siswa. Jika kemampuan metakognisi siswa tinggi maka kemampuan komunikasi matematik siswa juga tinggi, begitu juga sebaliknya jika kemampuan metakognisi siswa rendah maka kemampuan komunikasi matematik siswa rendah. Kata Kunci : Metakognisi, Komunikasi Matematik, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...