RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

KENDALA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI PERGURUAN TINGGI

Yoga Budi Bhakti (Universitas Indraprasta PGRI Universitas Negeri Jakarta)
Melda Rumia Rosmery Simorangkir (Universitas Kristen Indonesia Universitas Negeri Jakarta)
Awaluddin Tjalla (Universitas Negeri Jakarta)
Anan Sutisna (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan baru dari Kemeterian Pendidikan Kebudayaan. Program ini memberikan hak belajar 3 semester diluar program studi bagi mahasiswa agar menguasai berbagai keilmuan. MBKM merupakan bentuk kebebasan belajar bagi mahasiswa. Kementerian memfasilitasi dalam delapan bentuk kegiatan pembelajaran. Tujuan artikel ini untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasi program MBKM ini. Metode penelitian yang digunakan menggunakan studi literature terhadap artikel terkait implementasi program MBKM. Hasil penelitian menunjukkan kendala program MBKM berbeda-beda tergantung kepada bentuk kegiatan pembelajaran yang diimplementasikan oleh Perguruan Tinggi, program studi, dosen dan mahasiswa. Dengan identifikasi kendala yang ditemui dalam implementasi program MBKM dapat dijadikan sebagai alat evaluasi sehingga program MBKM ini menjadi lebih baik lagi dalam pelaksanannya 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...