Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 4, No 2 (2022): Jambura Edu Biosfer Journal (JBEJ)

UJI VALIDITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MATERI PEWARISAN SIFAT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Dahlan Latif (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Frida Maryati Yusuf (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)
Lilan Dama (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas  perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving berupa RPP, LKPD dan Tes Berpikir Kritis menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat di SMPN 3 Satu Atap Tilamuta. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dan valid dengan nilai rata-rata dari validator berkisar antara 80 sampai dengan 100%, LKPD memenuhi kriteria sangat valid dan valid dari validator berkisar antara 80 sampai dengan 100% dan tes berpikir kritis memenuhi kriteria sangat valid dan valid dengan nilai rata-rata berkisar antara 80 sampai dengan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving materi pewarisan sifat memenuhi kriteria valid untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...