Jambura Edu Biosfer Journal
Vol 4, No 1 (2022) : Jambura Edu Biosfer Journal (JEBJ)

VALIDITAS PERANGKAT PRAKTIKUM VIRTUAL TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Feronika Romauli Sidabutar (Magister Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend.Sudirman, Kota Tengah, Provinsi Gorontalo, 96554, Indonesia)
Ani Mustapa Hasan (Magister Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend.Sudirman, Kota Tengah, Provinsi Gorontalo, 96554, Indonesia)
Elya Nusantari (Magister Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Jend.Sudirman, Kota Tengah, Provinsi Gorontalo, 96554, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat praktikum virtual terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning pada materi Bakteri yang memiliki kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (RD) modifikasi dari Sugiyono (2013). Produk yang dikembangkan adalah Perangkat Praktikum Virtual. RD terdiri dari 10 langkah, tetapi dalam artikel hanya melaporkan 5 tahap sebagai berikut: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Produk; (5) Revisi Produk. (6) Uji Coba Produk Penelitian ini menggunakan hanya 5 dari 10 langkah dalam model penelitian dan pengembangan (R D) karena menyesuaikan dengan tujuan dari penelitian yang akan diuji. Untuk uji validasi dilakukan dengan mengahadirkan para pakar pada bidangnya yang disebut sebagai validator. Dalam penelitian ini menggunakan 4 validator. Hasil penelitian pengembangan perangkat praktikum virtualĀ  menggunakan aplikasi Adobe photoshop cs 6, kevalidan perangkat praktikum virtual terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning telah berkategori sangat valid dengan persentase kevalidan media 87%, persentase kevalidan materi 98,7%, persentase kevalidan perangkat pembelajaran 98% dan persentase kevalidan praktisi 96% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat praktikum virtual terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning pada materi bakteri sangat valid, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edubiosfer

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah menyediakan tempat bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel atau artikel ulasan asli. Scoper dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berhubungan dengan berbagai topik, termasuk: Biologi, Pendidikan Biologi, Genetika, Bioteknologi, ...