Jurnal Eduscience (JES)
Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES)

PENGEMBANGAN PROGRAM COLLECTIVE CARE PENANGANAN HENTI JANTUNG BAGI SISWA SMA DI YOGYAKARTA DENGAN APLIKASI ANDROID SATU JANTUNG

Beta Ahlam Gizela (Universitas Gadjah Mada)
Djayanti Sari (Unknown)
Nurholis Majid (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Kematian mendadak akibat penyakit kardiovaskular ini dapat dicegah jika gejalanya diketahui secara luas dan pasien mendapatkan bantuan segera, pada 10 menit pertama akibat serangan jantung. Aplikasi SatuJantung dikembangkan untuk memfasilitasi pertolongan pertama dan akses yang lebih baik ke rumah sakit. Pemberdayaan remaja dapat membantu mengurangi jumlah kematian mendadak akibat penyakit ini. Tujuan penelitian untuk mengembangkan program pembelajaran menggunakan pendekatan collective care pada penanganan henti jantung dan memberikan ketrampilan pertolongan pertama bagi keluarga pada kasus henti jantung. Metode penelitian dengan desain action research. Hasil penelitian berupa Panduan Pendidikan Kesehatan Jantung dan Pertolongan Pertama Henti Jantung bagi Siswa SMA. Panduan dapat meningkatkan ketrampilan resusitasi jantung pada siswa SMAN 5 Yogyakarta dan dapat digunakan di seluruh Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...