Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha

POTENSI DEGRADASI NORMA-NORMA KELAS PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SEMASA PANDEMI DARI PERSPEKTIF DRAMATURGI ERVING GOFFMAN

Ery Ricardo Nababan (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Gagasan utama artikel ini hendak menganalisis potensi degradasi norma-norma kelas dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Norma-norma tersebut mencakup norma kesusilaan dan norma kesopanan yang mengejawantah pada aturan yang tertulis maupun yang sudah menjadi tradisi. Norma-norma kelas tersebut penting dalam mendukung iklim belajar dan juga menentukan ciri khusus pelajar di setiap tingkatan. Lebih dari itu, norma-norma tersebut juga sudah lama mengakar di sistem pendidikan di Indonesia sehingga perlu dijaga keberlangsungannya. Proses belajar mengajar dalam jaringan (daring) adalah metode pembelajaran yang belakangan dipakai dalam menyikapi pandemi covid-19 yang melanda dunia umunya dan Indonesia khususnya. Metode pembelajaran yang secara prinsip serupa dengan metode pembelajaran normal namun berbeda secara teknis ini ditengarai berpotensi mengalami degradasi, khususnya pada norma-norma kelas. Salah satu penyebabnya dikarenakan ruang kelas berubah menjadi ruang virtual yang tidak dapat dikontrol keberlangsungannya. Selain itu, sistem dalam penggunaan platform kelas virtual dirasa memiliki banyak kelemahan disamping sebagai alternatif metode pembelajaran yang cukup efektif dalam menyikapi pandemi covid-19. Dengan menggunakan pendekatan teori dramaturgi Goffman, artikel ini mencoba untuk menganalisis potensi degradasi tersebut dengan dari sudut panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) yang dilakukan peserta didik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar daring. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka serta menggabungkannya dengan eksplorasi dari proses pembelajaran daring dengan mengkaji beberapa sumber sebagai referensi dan digabungkan dengan informasi-informasi terkait kajian ini, diharapkan nyatalah potensi degradasi norma-norma kelas dalam proses belajar mengajar daring yang dimaksud.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPSU

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi . Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan hasil pengabdian kepada masyarakat dibidang sosiologi yang secara khusus difokuskan ke tema-tema terkait ...