Indonesia Berdaya
Vol 3, No 4: August-October 2022

Integrasi Alat Peraga pada Pembelajaran Tematik: Sebuah Program Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar

Rulyansah, Afib (Unknown)
Budiarti, Rizqi Putri Nourma (Unknown)
Mardhotillah, Rachma Rizqina (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Minandar, Daffa Salma (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

SDN Bantaran II, Kecamatan Bantaran, sdn Probolinggo menjadi mitra PKM dalam upaya ini. Berikut adalah kesulitan yang dihadapi mitra: 1) Kurangnya keakraban guru dengan metode pengajaran kreatif. demi keseragaman dan kemonotonan dalam proses pembelajaran, 2) Kurikulum 2013 menantang untuk diterapkan karena beberapa guru belum dilatih tentang cara menggunakannya 3) Dalam beberapa kasus, guru tidak dapat mengatur pelajaran mereka secara efektif ( RPP), 4) Tidak tersedia alat bantu belajar. Ketidakmampuan guru untuk membuat perangkat pengajaran berdasarkan tema. PKM ini dilaksanakan melalui pendekatan pendidikan, pelatihan, praktik, dan pendampingan. Berikut daftar outputnya: 1) Guru SD lebih paham tentang metode pengajaran kreatif, 2) Keakraban guru dengan kurikulum 2013 meningkat, 3) Kemampuan guru menyusun RPP kurikulum 2013 harus ditingkatkan, 4) Tersedianya berbagai sumber daya pembelajaran tematik untuk siswa sekolah dasar, 5) Kemampuan pendidik dalam membuat alat peraga tematik akan ditingkatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ib

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Indonesia Berdaya particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as ...