SIGMA
Vol 8, No 1 (2022): SIGMA

PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH PADA ERA NEW NORMAL: EFEKTIFKAH?

Muhammad Fadli (UIN Bukittinggi)
M. Imamuddin (UIN Bukittinggi)
Tasnim Rahmat (UIN Bukittinggi)
Ulva Rahmi (UIN Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran flippet classroom dalam meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika (PKM) siswa madrasah di era new normal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertempat di Mandrasah Aliyah Negeri 4 Pasaman Barat. Sampel dipilih secara acak setelah populasi normal, homogen dan mean similarity sama. Sampel yang dipilih untuk diberikan perlakuan adalah siswa kelas X4 yang mengumpulkan 23 siswa. Pembelajaran yang diberikan pada kelas sampel ini adalah pembelajaran kelas flippet. Untuk mengetahui keefektifan model ini, siswa diberikan tes kemampuan PKM di akhir pertemuan.Hasil Berdasarkan penelitian, pemahaman PKM bagi siswa madrasah belum efektif, hal ini dikarenakan prestasi siswa yang tuntas hanya mencapai 52%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...