Kemampuan penalaran matematis siswa diperlukan untuk menghubungkan berbagai macam hal dengan cara menalar pada suatu permasalahan tertentu . Tujuan Penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester VI Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal Akar Bilangan Kompleks sehingga penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester  VI Dalam Menyelesaikan Soal Akar Bilangan Kompleks Berdasarkan Kemampuan Matematika”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa semester VI Pendidikan Matematika yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Dari hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa Subjek ST sudah mampu memenuhi keempat indikator dalam menjelaskan dan melengkapi jawabannya dengan langkah dan hasil akhir yang sudah benar, Subjek SS sudah mampu memenuhi tiga  indikator dalam menjelaskan dan melengkapi jawabannya dengan langkah dan hasil akhir yang sudah benar meskipun jawabannya kurang rinci, dan Subjek SR sudah mampu memenuhi dua  indikator dalam menjelaskan dan melengkapi jawabannya dengan langkah dan hasil akhir yang kurang tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022