Novick (dalam bahasa Inggris, 1999: 25) mengatakan penggunaan analogi dalam menyelesaikan masalah matematika melibatkan masalah sumber dan masalah target. Masalah target adalah masalah yang akan diselesaikan dengan mencari persamaan dari masalah sumber. Pemecahan masalah target menggunakan source problem ada tahapan encoding, inferring, mapping dan apply. Tahap ini akan membantu dalam menemukan solusi atau ide baru. Mahasiswa STKIP Semester 6 dipilih sebagai tempat Program Pengalaman Lapangan oleh program pascasarjana matematika dan sekaligus sebagai lokasi penelitian karena mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam pembelajaran dan sistem pengajaran dosen, mengutamakan kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah sesuai dengan bidangnya masing-masing. pemahaman dan penalaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala secara holistik secara kontekstual (secara menyeluruh dan sesuai konteks/sebagaimana adanya) melalui pengumpulan data dari setting alam sebagai sumber langsung dengan instrumen penelitian kunci itu sendiri. Kemampuan berpikir analogi siswa terdiri dari 3 siswa dengan mata pelajaran 1, 2, dan 3. Berpikir analogi, siswa dalam berpikir analogi mampu melalui semua tahapan berpikir yaitu tahap encoding, mampu mengidentifikasi ciri-ciri atau struktur dari masalah, pada tahap inferring mampu menemukan pola dan memecahkan masalah. sumber masalah dengan benar, pada tahap pemetaan mampu menemukan pola dan jawaban atas masalah sasaran (dalam memecahkan masalah sasaran, menggunakan konsep yang sama dengan sumber masalah), dan pada tahap penerapan, mampu memilih jawaban yang tepat dengan rumus yang sesuai
Copyrights © 2022