JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 1, No 2 (2015)

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bilahulu

Julyanti, Eva (Unknown)
Hasibuan, Lily Rohanita (Unknown)
Hasibuan, Rosmidah (Unknown)
Rahma, Indah Fitria (Unknown)
Siregar, Amalia Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat apakah ada peningkatan hasil belajar siswa menggunaan Pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan yang digunakan dalam pendidikan lewat proses ilmiah yang dicoba lewat kegiatan mengamati, menanya, berupaya, menalar, serta mengkomunikasikan. Siswa yang memiliki nilai hasil belajar rendah umumnya disebabkan karena ketidak mampuan mereka mengerjakan matematika bagaimanapun usaha mereka. Semakin mereka berusaha untuk menjawab pertanyaan guru atau soal yang diberikan mereka semakin mereka merasakan pusing. Sehingga ketika menghadapi soal mereka lebih memilih untuk melihat pekerjaan teman, atau bahkan tidak mengerjakan soal tersebut sama sekali dan mempersiapkan diri untuk menerima hukuman atau sanksi dari guru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Bila Hulu. Mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam representasi menyelesaian soal setelah menggunakan pembelajaran dengan Pedekatan Saintifik.Rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adanya penerapan dimana nilai rata-rata pre-test eksperimen adalah 42.56 dan pre-test kontrol adalah 50.56% menjadi 79.16% untuk post-test eksperimen dan 71.44% untuk post-test kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih baik, dari kemampuan siswa saat melaksankan pembelajaran konvensional siswa SMP VIII Negeri 2 Bilahulu. Dengan hasil presentasi  pembelajaran eksperimen menggunakan pendekatan saintifik 36.60% dan kelas kontrol adalah sebasar 20.88%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...