EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Upaya Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa melalui Project Based Learning Pada Mata Kuliah Biokimia

Septi Aprilia (ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Setyo Adi Nugroho (ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Siti Shofiyatun (ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Biokimia merupakan mata kuliah pada keilmuan sains yang saling berhubungan dengan mata kuliah Ilmu Biomedik Dasar (IBD). Saat terjadi pandemic covid-19 perkuliahan biokimia dilakukan secara Online. Dimana setelah dilakukan observasi perkuliahan daring yang dijalankan bersifat teacher center. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Literasi sains mahasiswa dapat ditingkatkan; 2) menambah kegiatan mahasiswa; 3) menambah kegiatan pengajar/dosen. Jenis penelitian ini adalah kulaitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK), dengan berfokus pada bahasan enzim serta metabolisme karbohidrat, yang dilakukan melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan Teknik tes dan non tes. Pengumpulan data kemampuan literasi sains melalui tes, sementara aktivitas mahasiswa dan dosen melalui lembar observasi. Data penelitian diolah menggunakan analisis prosentase. Hasil penelitian ini adalah : 1) peningkatan kemampuan literasi pada aspek konteks sebesar 25,38%, peningkatan kemampuan literasi pada aspek konten sebesar 21,43, peningkatan kemampuan literasi aspek kompetensi sebesar 30,95%; 2) peningkatan aktifitas belajar mahasiswa sebesar 38,1%; 3) peningkatan aktifitas mengajar dosen sebesar 11,11%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...